Scroll untuk baca artikel
AnimeHiburan

Maou-sama Retry Season 2 Kapan Rilis? Mari Kita Ulas Bersama

166
×

Maou-sama Retry Season 2 Kapan Rilis? Mari Kita Ulas Bersama

Sebarkan artikel ini
maou-sama retry season 2

“Maou-sama, Retry!” (alias Demon Lord, Retry!) adalah serial anime Jepang yang diterbitkan pada tahun 2019 dengan genre Fantasi dan Isekai (dunia lain). Anime ini berdasarkan seri novel ringan yang mana penulis ceritanya adalah Kurone Kanzaki. Karena keseruan alur ceritanya, banyak dari para penggemar yang sudah menantikan Maou-sama Retry season 2.

Adaptasi anime yang dilisensikan oleh Funimation tersebut awalnya ditayangkan di Tokyo MX, saluran lokal BS Fuji. Anime ini dibuat oleh studio Ekachi Epilka, yang belum pernah kita dengar sebelumnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Studio ini membuat penampilan pertamanya dengan anime “Fumikiri Jikan” sebelumnya, dan anime paling populer yang dianimasikan studio hingga saat ini adalah ‘Maou-sama, Retry!’.

Season pertamanya terdiri dari 12 episode dan disiarkan dari tanggal 4 Juli 2019 hingga 19 September 2019. Kita belum menonton episode baru selama lebih dari setahun. Jadi, apakah akan ada Maou-sama Retry season 2 dari seri ini? Mari kita ingat serinya dulu dan lihat apa yang kita ketahui tentang season kedua sejauh ini.

Simak yuk!

Maou-sama, Retry! Bercerita Tentang Apa?

Inti Alur Cerita: Oono Akira adalah orang biasa yang bekerja untuk sebuah perusahaan game online. Ia sering memerankan karakter Pangeran Kegelapan. Namun, ketika suatu hari dia membuka game, dia memasuki dunia fantasi game sebagai Pangeran Kegelapan.

Di sana dia bertemu dengan seorang gadis yang terluka, dan mereka memulai perjalanan bersama. Tetapi beberapa negara dan orang suci mencoba untuk menghancurkan Pangeran Kegelapan yang perkasa. Ke mana pun mereka pergi, mereka selalu mendapat masalah.

Apakah Akan Ada Maou-sama Retry Season 2?

Apakah Akan Ada Maou-sama Retry Season 2?

Pada tanggal 8 Juli 2022, pada saat artikel ini ditulis, animenya masih belum diperbarui untuk season kedua. Studio Ekachi Epilka atau Funimation tidak membocorkan apakah ada pekerjaan untuk Maou-sama Retry Season 2.

Untuk beberapa alasan, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk memperbarui sebuah anime untuk season baru. Jadi, mungkinkah ada season baru dari seri ini?

Kita dapat membuat beberapa prediksi tentang masalah tersebut. Beberapa parameter seperti status novel ringan, popularitas, penjualan disk, dan distributor eksklusif memengaruhi keputusan untuk mendapatkan season kedua. Mari kita tinjau bersama.

Status Novel Ringan

Anime Maou-sama, Retry! diadaptasi dari sumber tertulis. Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, cerita utama didasarkan pada seri novel yang ditulis oleh Kurone Kanzaki.

Seri novel ringan yang mulai diterbitkan oleh Futabasha pada Juli 2017 silam ini masih berlanjut. Novel ringan yang berlanjut adalah kabar baik karena menyediakan bahan sumber untuk anime dan di satu sisi anime adalah promosi untuk novel ringannya.

Seri novel ringannya saat ini terdiri dari 8 volume secara total dan volume terakhir dirilis pada tanggal 29 November 2021. J-Novel Club juga menerbitkan seri novel ringan ini dalam bahasa Inggris.

Season pertama hanya mencakup 2 volume pertama dari seri novel ringan. Kabar baiknya adalah bahwa dengan perhitungan proporsionalitas sederhana, ada cukup bahan sumber untuk lebih dari satu season baru lagi.

Sangat mungkin untuk melihat season kedua dan ketiga jika kita hanya berpatokan pada sisi ketersediaan sumber materinya. Ketersediaan bahan sumber merupakan kriteria yang sangat penting, tetapi tidak cukup hanya dengan itu saja.

Popularitas dan Penjualan Disk

Ketersediaan bahan sumber selalu penting tetapi popularitasnya juga merupakan kriteria penting juga. Anime ini berada di peringkat 966 pada peringkat popularitas Myanimelist.

Skor ini dapat dianggap rata-rata tetapi tidak cukup untuk membuta pihak studio untuk memutuskan dibuatkannya Maou-sama Retry Season 2. Selain itu, anime ini hanya diikuti oleh 18k orang saja di Twitter (@maousama_anime).

Meskipun ada basis penggemar di seluruh dunia, serial ini benar-benar diremehkan di Jepang. Juga, sirkulasi kumulatif dari novel aslinya adalah sekitar 200.000, yang bukan penjualan yang sangat baik untuk sebuah karya tulis.

Anime adalah produksi nirlaba, dan seringkali popularitas dan penjualan disk di Jepang menentukan keputusan adanya season baru sebuah serial anime. Pada dasarnya, anime ini diharapkan dapat menjual 4.000 disk untuk memiliki season baru.

Tapi “Maou-sama, Retry!” hanya terjual 302 unit saja di season pertamanya. Mengingat angka penjualan ini, season kedua hampir tidak mungkin jika kita melihat dari sisi penjualan disk saja.

Di sisi lain, studio tampaknya tidak memiliki pekerjaan untuk tahun 2022-2023 mendatang. Mereka adalah studio anime yang cukup baru, dan saya sendiri tidak dapat menjamin bakalan adanya season baru kedepan.

Cuplikan “Bersambung” di Akhir Episode Maou-sama, Retry!

Di akhir penutup musim pertama “Maou-sama, Retry!”, ada pernyataan “bersambung”, yang ditayangkan pada tanggal 19 September 2019 lalu. Meskipun pernyataan ini menimbulkan harapan untuk adanya season kedua, sang kreator mungkin tidak mendukung janji ini.

Alasannya adalah kemungkinan bahwa season kedua mungkin tidak memberikan pengembalian finansial yang memadai. Namun, janji seperti itu tidak mudah diberikan di anime, dan kita tetap melihat kemungkinan dan harapan untuk season kedua.

Bagaimana Alur Cerita Maou-sama Retry Season 2?

Bagaimana Alur Cerita Maou-sama Retry Season 2?

Apa yang bisa kita tonton di season 2 hanya ada satu pertanyaan di benak mereka yang sudah menyelesaikan season pertama animenya. Apakah sudah berakhir? Karena season pertama dari serial ini terasa belum selesai.

Minimnya perang dan musuh di episode-episode terakhir membuat kita berpikir bahwa persiapan yang besar tersisa untuk ditampilkan pada season kedua. Akankah dia dapat menjangkau para malaikat dan memajukan bisnis mereka?

Raja iblis tersebut kuat dan bijaksana. Seperti di beberapa anime, karakter utamanya tidak lemah, membuat penonton senang. Saya berharap untuk melihat lebih banyak adegan perang di season kedua nanti.

Kapan Maou-sama Retry Season 2 Rilis?

Kapan Maou-sama Retry Season 2 Rilis?

Hingga pada tanggal 9 Juli 2022 hari ini, Maou-sama Retry Season 2 masih juga belum diperpanjang. Tampaknya season baru tidak mungkin terjadi karena penjualan disk dan popularitasnya yang rendah di Jepang.

Namun, novel ringan dari seri ini menyediakan bahan sumber yang cukup dan dinyatakan untuk dilanjutkan di akhir episode terakhir. Maka tentunya akan selalu ada kesempatan season kedua.

Anime dari seri ini diumumkan pada tahun 2018 dan ditayangkan di layar pada musim panas tahun 2019. Periode produksi rata-rata dapat dianggap berlangsung selama satu tahun. Maou-sama Retry Season 2 mungkin ada di layar sekitar tahun 2024 mendatang jika kreator dan penerbit memperbaruinya.

Sampai seri ini diperbarui, Saya ingin merekomendasikan anime yang mirip dengan seri ini. Ulasannya lebih baik dalam banyak hal, dan jika kamu menyukai seri ini, maka kamu tidak boleh melewatkannya. Nama anime yang direkomendasikan adalah Overlord.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *