Eromanga Sensei Season 2

Eromanga Sensei Season 2 Kapan Rilis? Lima Tahun Sudah Berlalu Loh

Diposting pada

Eromanga Sensei adalah serial anime komedi romantis yang hadir di hadapan penonton pada musim panas 2017 silam. Eromanga Sensei, yang berhasil membuat nama di antara banyak anime dalam kategorinya, didasarkan pada seri novel ringan dari Tsukasa Fushimi yang mulai tulis pada tahun 2013. Dengan keputusan adaptasi anime yang dikonfirmasi pada tahun 2016, A-1 Pictures mengambil tugas studio kreatif. Studio, yang telah menciptakan anime yang sukses dalam beberapa tahun terakhir, juga merupakan sosok dibalik produksi Kanojo Okarishimasu, 86, dan Kaguya-sama wa Kokurasetai. Akankah Eromanga Sensei Season 2 bakalan juga dilanjutkan ke season 2?

Anime yang dilisensi oleh distributor terkenal seperti Crunchyroll dan Funimation ini awalnya ditayangkan di banyak saluran lokal di Jepang (Tokyo MX, MBS, TVA, GTV, GYT, BS11, AT-X).

Serial anime ini sendiri mulai ditayangkan antara tanggal 9 April 2017 hingga 25 Juni 2017. Season pertama terdiri dari total 12 episode. Setelah lebih dari lima tahun, penggemar masih bertanya-tanya apakah mereka akan melihat Eromanga Sensei Season 2 dalam waktu dekat ini? Saya akan coba bahas di artikel ini.

Simak yuk!

Eromanga Sensei Bercerita Tentang Apa?

Cerita terjadi di sekitar Masamune Izumi, yang menulis Light Novel di sekolah menengah. Adik perempuan Masamune, yaitu Sagiri, adalah gadis kutu buku yang tidak meninggalkan kamarnya selama setahun penuh.

Sedemikian rupanya sehingga dia memaksa kakaknya memasak untuk dia agar tidak meninggalkan kamarnya. Masamune meminta saudara perempuannya untuk meninggalkan kamarnya karena dia hanya memiliki adiknya itu sebagai anggota keluarga.

Dijuluki “Eromanga”, yang menggambar dalam novel dikenal sesat tetapi sangat dapat diandalkan. Masamune belum pernah melihat orang yang menggambar novel tersebut serta mengira dia adalah otaku yang menjijikkan dan mesum.

Tapi kenyataannya ternyata dibalik “Eromanga-Sensei” tersebut adalah adiknya! Di atas keterkejutan keduanya, seorang gadis cantik, shoujo mangaka, yang dikagumi semua orang, menjadi saingan mereka.

Apakah Akan Ada Eromanga Sensei Season 2?

Pada tanggal 27 Juni 2022, pada saat artikel ini ditulis, studio kreatif A-1 Pictures atau perusahaan terkait dengan anime ini masih belum memperbarui Eromanga Sensei untuk season 2.

Season pertama anime ini ditayangkan pada tahun 2017, waktu yang berlalu mungkin mengurangi harapan kita semua tentang season selanjutnya. Bahkan setelah lima tahun, banyak anime yang kembali ke layar lebar dengan persetujuan season baru.

Faktor penting yang sangat dilihat untuk mendapatkan pembaruan anime diantanya ialah ketersediaan bahan sumber, penjualan disk, dan juga popularitas sebuah seri anime. Ketika kita mempertimbangkan faktor-faktor ini, maka kita dapat berspekulasi tentang ada atau tidaknya season kedua.

Status Novel Ringannya

Materi sumber utama dari anime dan serial originalnya adalah seri novel ringan yang ditulis oleh Tsukasa Fushimi dan diilustrasikan oleh Hiro Kanzaki. Novel ringan yang diterbitkan pertama kali oleh ASCII Media Works yaitu pada tanggal 10 Desember 2013 silam.

Volume terakhir dari seri novel ringan ini dirilis pada 9 November 2019, dan total seri ini terdiri dari 12 volume. Meski tidak mencapai final, serial tersebut belum ditayangkan selama tiga tahun.

Pembaca novel ringan berpikir bahwa seri ini tidak akan berlanjut sampai kabar baik datang. Penulis Eromanga Sensei telah mulai mengerjakan seri ini lagi setelah tiga tahun dan kita mungkin melihat akan ada lebih banyak volume lagi di masa depan.

Status Novel Ringannya

Seri novel ringan yang masih berlanjut adalah kabar baik untuk adaptasi anime. Disamping itu juga, serial anime hanya mencakup 3 volume saja di season pertama. Mempertimbangkan 9 volume yang tersisa, kita dapat melihat bahwa ada cukup bahan stok untuk season kedua. Sepertinya tidak ada masalah dalam hal sumber materi yang tersedia untuk membuat season baru untuk animenya.

Penjualan Disk Animenya

Penjualan BluRay dan DVD sangat berharga untuk sebuah anime. Karena bagian anime yang paling menguntungkan adalah penjualan disk. Secara umum, sebuah anime diharapkan menghasilkan rata-rata 4.000 penjualan dari disknya. Jika kurang dari target ini, dianggap tidak akan membawa keuntungan yang cukup untuk mendapatkan pembaruan season baru dan seri dapat dibatalkan.

Jika kita melihat penjualan disk Eromanga Sensei, kita melihat bahwa anime ini terjual rata-rata 8.057 unit. Hal ini menunjukkan bahwa penjualan disk animenya tersebut berada di atas target. Tidak ada masalah dalam hal penjualan disk untuk bisa lanjut ke season baru.

VolumeTerjualTanggal
Volume 110.87928.06.2017
Volume 27.56726.07.2017
Volume 37.04723.08.2017
Volume 46.84227.09.2017
Volume 56.55725.10.2017
Volume 66.57922.11.2017
OVA10.92816.01.2019

Faktor Lainnya Tentang Eromanga Sensei Season 2

Kita tahu bahwa banyak distributor eksklusif menerbitkan Eromanga Sensei. Anime yang diterbitkan secara eksklusif oleh U-NEXT, video utama Amazon, toko anime D, Netflix, dan Hulu di Jepang, menguntungkan setiap arah.

Fakta bahwa platform online semacam itu menyiarkan serial ini selalu meningkatkan kemungkinan bakalan ada kelanjutan ke season 2. Tetapi sejauh ini tidak ada platform besar yang mendistribusikan animenya secara global.

Anime ini sendiri berada di peringkat 247 pada situs Myanimelist berdasarkan popularitas. Meskipun ini adalah peringkat yang bagus, ini dapat dianggap rata-rata untuk anime yang keluar pada tahun 2017.

Disamping itu juga, seri ini masih memiliki popularitas di atas rata-rata di Google, dan masih memiliki akun Twitter yang secara aktif mendapat pengikut dan diikuti oleh lebih dari 200 ribu netizen. Secara umum, kita melihat bahwa anime yang diikuti lebih dari 100k biasanya telah menerima persetujuan untuk season baru.

Ketika kita melihat studionya, A-1 Pictures berhasil mendapatkan persetujuan season kedua untuk beberapa anime lainnya yang mereka produksi. Mereka juga akan senang melakukan pembaruan Eromanga Sensei season 2, salah satu anime yang juga popularitasnya bagus dan digemari oleh banyak fans.

Kapan Eromanga Sensei Season 2 Rilis?

Kapan Eromanga Sensei Season 2 Rilis?

Eromanga Sensei season 2 masih belum dikonfirmasi. Penjualan disk, popularitas, dan ketersediaan bahan sumber adalah tiga faktor terpenting dan merupakan sinyal season baru yang paling signifikan.

Eromanga Sensei memiliki evaluasi positif. Selain itu, sebagai hasil dari penilaian yang saya buat di atas, semua faktor mengarah ke season kedua. Saya pikir anime ini mungkin masih memiliki season baru.

Namun, bungkamnya pembuat konten tentang masalah ini dan waktu yang telah berlalu mengurangi kemungkinan untuk season selanjutnya. Ketika saya mempertimbangkan waktu produksi dan perpanjangan, dimungkinkan kita bisa melihat Eromanga Sensei season 2 rilis dan tayang pada tahun 2023 – 2024 mendatang.

Namun terlepas dari prediksi itu, harus dicatat bahwa belum ada pernyataan resmi tentang ini. Pantau terus saja ya.

Gambar Gravatar
Saya selaku admin mengusung tema Simak Yuk yaitu “Mengulas Berita dan Informasi Untuk Pemuda Millennial”. Saat ini saya lebih condong membahas tentang hiburan, diantaranya ada Anime, Movie, Manga, Game, Dll.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *