arifureta season 3

Arifureta Season 3 Kapan Rilis? Mari Bahas Kemungkinan Jadwal Tayang

Diposting pada

Arifureta, atau dengan nama lengkapnya Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou dan dalam bahasa Inggrinya “Arifureta: From Commonplace to World’s Strongest” adalah serial anime fantasi yang pertama kali tayang pada musim panas tahun 2019 silam. Akankah Arifureta bakalan diperbarui untuk season 3?

Meski banyak pecinta anime yang mengenal serial tersebut melalui nonton anime-nya, mungkin beda dengan para pecinta manga yang mana pertama kali mengenal serial tersebut melalui novel ringan yang diterbitkan pada tahun 2015 atau novelnya yang diterbitkan pada tahun 2013.

Cerita yang ditulis oleh Ryo Shirakome, dianimasikan oleh White Fox dan bertemu dengan penonton pada tanggal 8 Juli 2019. Studio sama yang telah menandatangani anime populer seperti Re:Zero dan Goblin Slayer.

Season kedua Arifureta dianimasikan oleh Studio Mother, yang masih sangat baru di industri ini, dan ditayangkan setiap minggu antara tanggal 13 Januari 2022 dan 31 Maret 202. Anime ini dilisensikan oleh Crunchyroll dan disiarkan oleh banyak saluran lokal di Jepang yang menjadi salah satu produksi paling populer saat ini.

Tapi apakah popularitas tersebut cukup untuk melihat adanya Arifureta season 3 yang bakalan rilis di waktu yang akan datang? Apakah anime ini sendiri telah diperbarui untuk season ketiga?

Simak yuk!

Apa Tanggapan Para Fans Untuk Arifureta Season 2?

Kekhawatiran tinggi, terutama tentang perubahan studio. Fakta bahwa White Fox seperti studio yang berpengalaman tidak akan ambil bagian di season kedua membuat mereka berpikir bahwa atmosfer visual anime akan hilang.

Namun, ternyata di season kedua animenya sama suksesnya dengan season pertama, tetapi gambarnya lebih sukses dari sebelumnya. Ada juga perbedaan dalam pencahayaan, dan banyak penonton yang secara positif menilai suasana baru dari anime tersebut.

Untuk jalannya cerita, penonton anime terbagi menjadi dua. Ulasannya cukup dekat dengan season kedua, tetapi ada banyak penonton yang berpikir mereka tidak bisa merasakan season pertama.

Namun, final yang belum selesai membuat penonton anime ini bersemangat tentang apa yang akan terjadi di season ketiga. Pengembangan karakter di season pertama tidak lagi diikutsertakan di season ini. Meskipun klise muncul dari waktu ke waktu yang mana akan mebuat anime ini memiliki suasana yang unik.

Apakah Akan Ada Arifureta Season 3?

Apakah Akan Ada Arifureta Season 3?

Season kedua anime Arifureta berakhir pada tanggal 31 Maret 2022, dan sebuah episode OVA kemudian ditayangkan perdana pada 7 April 2022. Banyak anime dapat mengumumkan pembaruan untuk season baru di akhir musim. Sayangnya, saya tidak melihat konfirmasi semacam ini untuk serial anime Arifureta season 3.

Pada tanggal 30 Mei 2022, pada saat artikel ini ditulis, animenya juga masih belum diperbarui untuk season ketiga. Belum ada kabar tentang season baru dari penerbit novel ringan Overlap, studio anime Studio Mother, atau tim anime.

Para fans telah menunggu pembaruan untuk waktu yang lama setelah season pertama anime, dan sepertinya penantian ini mungkin terjadi lagi. Namun, saya pribadi hampir yakin bahwa anime ini akan mendapatkan persetujuan season baru selama penantian ini, dan prediksi saya benar.

Sekarang, berdasarkan apa yang diketahui, saya berspekulasi apakah anime tersebut dapat memiliki season baru. Seringkali status novel ringan, masalah keuangan, dan popularitas menentukan keputusan untuk adanya season baru. Jadi apakah semuanya baik-baik saja bagi Arifureta untuk memiliki season baru?

Mari kita bahas dulu!

Status Novel Ringan Untuk Anime Season Baru

Novel ringan yang diadaptasi untuk serial anime ini ditulis oleh Ryo Shirakome dan diilustrasikan oleh Takayaki. Serial yang diterbitkan oleh Overlap telah mencapai 12 volume hingga hari ini dan diterbitkan rata-rata dua volume per tahun.

Volume terakhir yang bertemu dengan para pembaca, diterbitkan pada 25 Januari 2022, dan akan bertemu dengan para pembaca bahasa Indonesia secara digital dalam beberapa hari mendatang.

Cerita hingga volume ke-6 dari seri novel ringan ini diadaptasi ke dalam dua season anime. Bahan sumber yang tersisa adalah 6 volume sampai saat ini. Tepatnya setengahnya masih menunggu untuk diadaptasi.

Tampaknya ada cukup bahan sumber untuk membuat Arifureta S3. Selain itu, fakta bahwa seri novel ringan masih berlangsung adalah salah satu detail yang memperkuat kemungkinan bakalan adanya season baru.

Popularitas dan Faktor Lainnya

Meskipun bahan sumber yang cukup tersedia, hal itu saja tidak cukup. Hanya sedikit serial anime yang mendapatkan kesempatan untuk season baru, dan popularitas yang kuat diperlukan untuk kesempatan ini.

Arifureta saat ini menduduki peringkat ke-319 anime terpopuler menurut data Myanimelist, dan peringkat ini sudah termasuk di atas rata-rata. 83k orang mengikuti halaman Twitter resmi Arifureta.

Meskipun kita melihat anime yang mendapatkan persetujuan season biasanya memiliki lebih dari 100 ribu pengikut, jumlah pengikut ini juga tidak buruk.

Di sisi lain, ketika saya melihat pencarian Google, tampak bahwa pencarian anime meningkat untuk season ke-2. Demi kejelasan, kita dapat mengatakan bahwa serial anime ini kini lebih banyak dicari daripada anime populer seperti Noragami dan Goblin Slayer.

Volume pencarian Arifureta di google

Jika dari segi penjualan disk, kita melihat bahwa volume pertama season kedua terjual sebanyak 1.759 unit. Itu hampir setengah dari penjualan di season pertama. Meski tampaknya target tersebut masih belum tercapai, namun kita perlu mempertimbangkan penurunan penjualan disk dalam beberapa tahun terakhir.

Di samping itu, tidak boleh diabaikan bahwa season baru Demon Slayer terjual lebih dari 20rb dalam periode yang sama. Meskipun hal-hal tidak berjalan dengan baik dalam penjualan disk, kesenjangan keuangan di sini tampaknya telah ditutup oleh distributor eksklusif.

Kedua season anime tersebut disiarkan secara global oleh distributor raksasa Hulu. Singkatnya, saya sendiri berpikir bahwa kemungkinan season baru tinggi dalam hal masalah keuangan dan popularitas saja, selebihnya sudah oke.

Kapan Arifureta Season 3 Rilis?

Kapan Arifureta Season 3 Rilis?

Season ketiga anime ini masih belum dikonfirmasi. Namun, menurut perkiraan yang saya buat sebagai hasil dari parameter konkret di atas, kemungkinan season baru relatif tinggi.

Saya pikir Arifureta season 3 akan diperbarui di tahun-tahun mendatang. Namun, karena belum ada musim produksi, kita mungkin harus menunggu sedikit lebih lama.

Mempertimbangkan waktu produksi dan pembaruan, sepertinya kita tidak akan dapat melihat serial anime Arifureta season 3 sebelum masuk tahun 2024 mendatang.

Namun, ini hanya perkiraan untuk saja untuk sementara waktu, dan saya akan memperbarui artikel ini jika ada lebih banyak informasi resmi tersedia. Sembari menunggu hal tersebut, saya menyarankan kamu untuk menonton anime dengan genre yang sama, diantarnya Re:Zero dan Kenja no Mago.

Release Date
Season 18 Juli 2019
OVA 125 Desember 2019
OVA 226 Februari 2020
Season 213 Januari 2022
OVA 37 April 2022
Season 3Diharapkan rilis tahun 2024
Gambar Gravatar
Saya selaku admin mengusung tema Simak Yuk yaitu “Mengulas Berita dan Informasi Untuk Pemuda Millennial”. Saat ini saya lebih condong membahas tentang hiburan, diantaranya ada Anime, Movie, Manga, Game, Dll.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *