Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung

Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung

Diposting pada

Sebagai salah satu provinsi yang tersusun atas beberapa pulau-pulau kecil, Provinsi Bangka Belitung berpotensi rekreasi bahari dalam rasio yang lumayan besar. Hampir dari keseluruhnya pantai di provinsi ini menjadi tempat wisata favorit dengan kualitas panoramanya yang paling indah. Namun bukan hal itu yang menjadi fokus pada artikel ini, melainkan tentang alat musik tradisional Bangka Belitung.

Yuk baca…

Disamping itu, Bangka Belitung berpotensi rekreasi kebudayaan yang dengan cara sadar kita mengakui belum juga digali dengan cara maksimal. Salah satunya ialah warisan budaya kebendaan seperti alat musik kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga: Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau

7 Jenis Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

Nah apapun alat musik itu? Di bawah ini 7 jenis alat musik tradisional dari provinsi Bangka Belitung yang dipakai setiap saat ada upacara tradisi:

1. Gong

Alat Musik Tradisional Kepulauan Bangka Belitung gong

Di dalam adat Provinsi Bangka Belitung, gong berdiameter 1 (satu) mtr. yang digantung pada penyangga kayu biasanya cuma dipukul seringkali saat akan mengawali satu acara tradisi. Meski begitu, di pada suatu atraksi kesenian musik alat musik ini jarang-jarang sekali dimainkan sebab bunyinya benar-benar keras.

2. Rebana

Dalam menemani irama musik dambus yang melodis, biasanya dimainkan juga alat musik tradisionil Bangka Belitung namanya rebana untuk membuahkan irama-irama ritmis. Rebana Bangka Belitung ini memiliki mode yang sama juga dengan alat musik rebana biasanya.

Di bagian pinggirnya ada banyak logam-logam bulat yang diatur hingga saat membran rebana ditepuk, karena itu logam-logam itu akan membuahkan bunyi ritmis yang paling keras.

3. Gendang Melayu

adok atau gendang melayu

Sepintas, bentuk dari alat musik gendang Melayu ciri khas Bangka Belitung memiliki persamaan dengan alat musik gendang Dol yang terkenal untuk alat musik tradisionil dari Provinsi Bengkulu.

Kayu kerangka pada alat musik gendang ini menyengaja dibikin cembung buat memperkuat bunyi suara membraofon yang ditepuk.

4. Rebab

rebeb, alat musik tradisional bangka belitung

Rebab adalah alat musik tradisional yang telah diketahui oleh warga Melayu Provinsi Bangka Belitung lama, serta instrumen ini dipandang yang sangat lama antara tipe instrumen tradisionil yang lain.

Di waktu lalu, alat musik yang dimainkan dengan digesek ini serta jadi salah satunya media dalam penyembuhan yang dilaksanakan oleh beberapa dukun (bomoh) dalam menyembuhkan orang sakit.

5. Caklemong

Caklemong atau yang oleh warga di Jawa disebutkan dengan kenong adalah seperangkat gong dengan ukurannya yang beragam macam serta dimainkan dengan dipukul menggunakan sepasang pemukul kayu yang sudah berbalut kain.

Alat musik ini umumnya dimainkan dengan alat musik tradisional Provinsi Bangka Belitung yang lain seperti gambangan, rebab, gong besar, serta dambus dalam menemani tari lilin serta tari piring.

6. Dambus

Dambus adalah alat musik tradisional dari Bangka Belitung yang sangat unik dibanding dengan daerah yang lain. Alat musik hampir seperti alat musik gambus ciri khas Melayu, namun dalam Dambus ada ornament kepala rusa di bagian ujung tangkainya.

Disamping itu, jumlah dawai pada alat musik ini cuma sejumlah 4 (empat) helai dawai, meskipun pada perkembanganya ada pula dambus yang memiliki 6 (enam) helai dawai.

Dambus biasanya dimainkan dalam acara tarian tradisional ciri khas Melayu, seperti tarian penyambutan dan penghormatan tamu atau di acara keagamaan. Dalam mainkan alat musik ini, umumnya ada pula iringan bunyi dari instrumen yang lain seperti gendang Melayu atau rebana.

7. Gambangan

Gambangan adalah alat musik tradisional yang tersusun atas 5 (lima) potong kayu atau bisa lebih dengan panjangnya yang berlainan. Semasing potongan kayu itu akan membuahkan nada-nada melodis yang berlainan saat dipukul. Kayu yang digunakan untuk bikin alat musik ini dipastikan, yaitu cuma datang dari kayu meranti, medang, atau kayu libut.

Penutup

Itulah tadi 7 jenis alat musik tradisional dari provinsi Bangka Belitung yang sukses kami mengumpulkan. Mudah-mudahan adanya artikel ini bisa meningkatkan pengetahuan kalian mengenai beberapa tipe alat musik tradisional dari tiap daerah di Indonesia.

Gambar Gravatar
Saya selaku admin mengusung tema Simak Yuk yaitu “Mengulas Berita dan Informasi Untuk Pemuda Millennial”. Saat ini saya lebih condong membahas tentang hiburan, diantaranya ada Anime, Movie, Manga, Game, Dll.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *